Kerendahan Hati

EFESUS 4:2a : Hendaklah kamu selalu rendah hati

Manusia mempunyai satu tingkat kesulitan yang besar untuk hidup dalam kerendahan hati. Hal ini terjadi karena manusia cenderung cepat berpuas diri akhirnya mudah sekali untuk meninggikan diri.Kadang mudah bagi kita berbicara tentang kerendahan hati, tetapi tidak mudah untuk dilaksanakan dalam kehidupan secara praktis sebagai anak Tuhan. Hanya Yesuslah satu-satunya yang memiliki kerendahan hati. Bukti kerendahan hati Tuhan Yesus “Ketika  Ia mau menjadi manusia demi mempersatukan kita dengan Dia dan dengan penuh kebebasan kita dapat menghampiri tahta kasih karuniaNya.meskipun sebenarnya kita tidak layak dihadapanNya.”

Seringkali penyebab perselisihan karena komunikasi yang kurang memiliki kerendahan hati. Kita maunya selalu yang terhebat tanpa kita sadari kita telah sombong dalam hal komunikasi. Intinya sederhana, Kita tidak mau kalah. Dan tidak salah kalau ada suku antar suku yang bertikai. Semua terjadi karena tidak adanya kerendahan hati diantara manusia. Padahal kerendahan hati dapat menyelesaikan segala pertentangan maupun masalah apapun.Sebagai anak Tuhan, kita jangan pernah berpikir  bahwa kerendahan hati akan menjatuhkan harga diri kita. Karena harga diri kita ditentukan dari sikap kerendahan hati.

Sebagai umat yang dikasihiNya, kita perlu meneladani pribadi Tuhan Yesus dalam hal kerendahan hati.Tuhan Yesus sudah membuktikan bahwa kerendahan hati akan membawa kedamaian. Menjadi pribadi yang rendah hati, bukan hal yang mudah. Namun dengan pertolongan Roh Kudus, kita diberi kesanggupan untuk belajar melakukannya. Apa jadinya jika dalam hidup kita tidak memiliki kerendahan hati? Kita akan merasa kitalah yang terhebat, kita merasa mampu melakukan segala sesuatu didalam pekerjaan, didalam pelayanan dengan mengandalkan kekuatan kita sendiri dan timbulah kesombongan dalam hidup kita. Tuhan tidak pernah menginginkan kita menjadi pribadi yang tidak memiliki kerendahan hati. Kerinduan hati Tuhan dalam hidup kita adalah agar kita memiliki kerendahan hati. Sudakah kita memiliki kerendahan hati dalam hidup kita?

Sebagai orang percaya, mari kita buang ego kita dan meneladani  Tuhan Yesus yang memiliki kerendahan hati yang sempurna itu.

KERENDAHAN HATI MEMBUAT ALLAH RESPEK PADA KITA

Penulis : Ev. Tabita Rachman S.Th.

KERENDAHAN HATI MEMBUAT ALLAH RESPEK PADA KITA

Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*