Bangun & Bangkitlah

“Bangun dan bangkitlah! Kristus bercahaya atasmu,” (Efesus 5:14),

Saudara yang terkasih, kata-kata diatas merupakan tema sidang Raya Gereja Allah Baik II. Melalui tema ini, sesungguhnya Allah mengurapi dan memakai para hamba-hamba-Nya untuk mengajak kita sebagai jemaat Tuhan supaya segera bangun dan bangkit bagi Kristus.

Allah tidak mau anda tertidur sebab orang yang tertidur, mata rohaninya tertutup, sehingga ia tidak dapat melihat kemuliaan Allah yang sedang tersedia didepannya. Ketajaman untuk mampu melihat rencana Allah dan kemuliaanNya yang akan datang membuat kita melangkah tanpa keraguan dan penuh keyakinan. Sedangkan ‘kebutaan’ akan membuat anda tersandung, jatuh dan melangkah tanpa tujuan. Tidur yang berkelanjutan akan mengarah pada kematian secara fisik dan rohani.Tertidur secara rohani ditandai dengan: percabulan, rupa-rupa kecemaran, keserakahan, perkataan kotor/kosong/sembrono, persundalan, penyembahan berhala yang pada akhirnya membawa pada kebinasaan (kematian).

Itulah sebabnya Firman Allah menyatakan “tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut sajapun jangan diantara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono – karena hal-hal ini tidak pantas – tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur. Ingatlah ini baik-baik; tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala yang mendapat bagian didalam kerajaan Kristus dan Allah. Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka” (Efesus 5:3-6)

Oleh sebab itu saudaraku, bangun dan bangkitlah supaya Kristus bercahaya atas kamu. Orang yang bangun dan bangkit bagi Kristus akan bercahaya untuk memancarkan kemuliaan Allah; hidup taat secara total pada Firman Allah, penuh kasih, suka berkorban, senantiasa mengucap syukur, baik, adil, mencintai kebenaran, bukan pemabuk, rendah hati, serta mengerti kehendak Allah.

Saudaraku yang terkasih, Firman Allah mengatakan: “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakan waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu,tetapi kehendak Allah kamu penuh dengan Roh.” (Efesus 5:15-18).

Dengan kita bangun dan bangkit, maka Gereja Allah Baik dapat melayani dengan kuasa Roh Kudus seperti visi yang sudah Tuhan berikan. Dan saya percaya, kita semua akan bercahaya memancarkan kemuliaan Allah. Amin.

Pdt. Ardian Sabar.

Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*