Menghormati Tuhan (bagian 2)

Dalam 1 Korintus 10:31 dikatakan,”Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.”

Kata Yunani ” do,xa (doksa) ” yang dipakai di sini berarti “to honor, to glorify.” Dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, Paulus menyatakan bagaimana Tuhan menghendaki supaya kita selalu menghormati Tuhan dalam segala aspek kehidupan ini. Semua yang kita lakukan haruslah untuk menghormati Tuhan.

“hwhy ta, dBek;l.(lekabed et Adonai)” berarti ‘menghormati Tuhan’. Kata “dBek;l.(lekabed) di sini berasal dari akar kata “Ibrani “dbeK'(kabed)” yang berarti ‘to honor, to be heavy’.

Baik makan, minum dan aktivitas lainnya, semuanya itu harus didasarkan pada menghormati Tuhan. Jadi semua ini bukanlah untuk diri kita sendiri, namun untuk kemuliaan Tuhan atau hormat kepada Tuhan.

Menghormati Tuhan berarti tidak bertindak sesuka hati, atau semaunya sendiri, namun mau mengikuti apa yang menjadi kemauan Tuhan.

Dalam Kejadian 20 ayat 11 dikatakan, ” Lalu Abraham berkata: ‘Aku berpikir: Takut akan Allah tidak ada di tempat ini; tentulah aku akan dibunuh karena isteriku.‘” Abraham beranggapan bahwa di wilayah Gerar ini orang akan berbuat semaunya tanpa menghormati Tuhan. Kalau mereka suka pada seorang wanita, maka mereka akan merebutnya dari suaminya serta membunuhnya. Keadaan seperti inilah yang merupakan contoh kehidupan yang tidak menghormati Tuhan, yakni semaunya sendiri.

Menghormati Tuhan berarti kita mau mentaati aturan atau guideline yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Dalam hal ini kita tidak bertindak semau kita sendiri, tapi mau mentaati Tuhan.

Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*