Menghormati Tuhan (Bagian 4)

Dalam 1 Korintus 6:19-20 dikatakan,”19Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?20Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Kehendak Tuhan yang disampaikan melalui Paulus ini adalah agar kita menghormati Tuhan dengan tubuh kita. Di dalam bahasa Yunaninya dikatakan, ” doxa,sate to.n qeo.n evn tw/| sw,mati u`mw/n(doksasate¬† ton Theon en to somati ymon)” yang berarti ‘hormati/muliakan Tuhan dengan tubuhmu.’

Bagaimanakah menghormati Tuhan dengan tubuh kita ini ! Pertama-tama kita harus mengerti bahwa kita ini bukan milik kita sendiri lagi. Kita adalah milik Tuhan, sudah dibeli dan sudah dibayar lunas. Selain itu tubuh kita ini merupakan bait Roh Kudus, dimana Roh Allah sendiri tinggal di dalam kita. Dalam bahasa Yunaninya dikatakan ” nao.j tou/ a`gi,ou pneu,mato,j(naos tou agiou pneumatos)” yang berarti ‘tabernakel Roh Kudus.’Sedangkan dalam bahasa Ibraninya dikatakan, “vd<Qoh; x:Wr !K;v.mi(mishkan ruakh haqodesh)”

Bait Allah ini berbicara mengenai kekudusan. Tuhan menghendaki supaya kehidupan kita ini kudus. Jadi menghormati Tuhan dengan tubuh kita merupakan sesuatu yang sudah seharusnya demikian, mengingat bahwa tubuh kita bukan lagi milik kita sendiri, tetapi milik Allah. Bahkan Dia berkenan tinggal di dalam kita. Dengan demikian kekudusan ini merupakan inti dari menghormati Tuhan dengan tubuh kita.

Konteks dari nasihat mengenai menghormati Tuhan dengan tubuh kita ini dapat dilihat dalam kaitannya dengan ayat 18 yang berbunyi, “Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.” Dinasihatkan di sini supaya kita menjauhkan diri dari setiap bentuk dosa percabulan, pezinahan dsb. Itulah sebabnya dalam Roma 12:1-2 dinasihatkan supaya kita mempersembahkan tubuh kita sebagai persembahan yang kudus.

Manusia ini sebenarnya adalah makhluk roh yang mempunyai jiwa dan tinggal di dalam tubuh.

Menghormati Tuhan dengan tubuh kita berarti kita menjaga serta memelihara tubuh ini dengan baik, dan mendedikasikannya untuk kemuliaan Tuhan.

Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*